Sistem Penjamin Mutu

image_pdfimage_print

penjamin mutu

Sistem penjaminan mutu ditangani secara terstruktur oleh Badan Penjaminan Mutu (BJM) di tingkat Universitas, Satuan Jaminan Mutu (SJM) di tingkat Program Pascasarjana dan Tim Penjamin Mutu Akademik (TPMA) ditingkat program studi. Koordinasi kelembagaan penjaminan mutu dilakukan ke tingkat vertikal dengan Badan Penjaminan Mutu (BJM) Universitas. Sistem penjaminan mutu dilaksanakan berdasarkan Kebijakan, Standar dan Manual Mutu Universitas Syiah Kuala. Tim Penjaminan Mutu Akademik (TPMA) Prodi MTK Unsyiah diusulkan setiap tahun melalui Surat Keputusan (SK) oleh Prodi MTK kepada PPs Unsyiah. Keanggotaan BJM terdiri dari pengelola Prodi MTK dengan Sekretaris Prodi MTK sebagai Ketua TPMA. Dalam pelaksanaannya, aktivitas TPMA berkoordinasi dengan SJM yang secara langsung dan bertanggung jawab pada Direktur PPs Unsyiah.

Pada saat ini standar mutu, panduan akademik, SOP, standar acuan penulisan tesis dan aspek-aspek operasional berkaitan dengan kegiatan akademik telah dikembangkan dan diimplementasikan oleh Prodi MTK. Penjaminan Mutu dilakukan secara rutin sesuai mekanisme yang ditetapkan BJM Unsyiah melalui siklus proses penjaminan mutu.

Standar mutu yang dilaksanakan oleh Prodi MTK Unsyiah mengacu pada standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang terdiri dari 7 (tujuh) standar. Dokumen Standar Mutu Prodi MTK digunakan sebagai dasar mengikuti audit yang diselenggarakan baik oleh SJM PPs Unsyiah, BJM, Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) maupun BAN-PT.